Tips Cara mengajarkan Bahasa Indonesia yang menyenangkan..!!

Bagi sebagian siswa, Bahasa Indonesia merupakan pelajaran yang paling membosankan di sekolah. Mengapa tidak? Dari kelas SD sampai SMA, beberapa topik pelajaran selalu di ulang. Dan sudah setiap hari kita selalu bercakap dengan Bahasa Indonesia. Maka tak heran jika pada pelajaran ini, anak – anak tidak memperhatikan, ngantuk, bahkan cabut kelas.Hal ini membuat seorang guru Bahasa Indonesia di SMA Negeri 13 Surabaya, Jawa Timur menjadi prihatin dan mencoba mencari metode baru yang setidaknya bisa lebih menarik perhatian siswa terhadap pelajaran Bahasa Indonesia.Akhirnya, pada saat membahas topic “Mendikusikan Masalah dari Berbagai Sumber”, sang guru membuat sebuah permainan dengan nama ‘Pesawat Masalah’.

Pembelajaran dengan permainan “Pesawat Masalah” ini dimulai dengan penjelasan guru mengenai materi dan aturan permainan. Guru memandu siswa membentuk kelompok kecil yang beranggotakan 4 – 5 orang. Guru membagikan kertas kepada siswa dan siswa menuliskan satu permasalahan yang telah mereka temukan dari berbagai sumber.

Siswa selanjutnya melipat kertas masalah tersebut menjadi sebuah pesawat dengan mencantumkan nomor absen di sayapnya. Kemudian siswa berdiri membentuk lingkaran penuh dan menerbangkan pesawat secara bersamaan berdasarkan aba-aba guru.

Selanjutnya siswa langsung berlari untuk mendapatkan satu pesawat milik temannya. Siswa kembali duduk, membuka pesawat dan mempelajari permasalahan yang sudah tertulis. Bersama kelompok, masing-masing anggota menuliskan kalimat pemecahan masalah dengan singkat dan jelas.

Kelompok yang sudah selesai maju membacakan permasalahan yang ada berikut kalimat pemecahannya yang telah mereka tuliskan. Kelompok lain memberikan tanggapan.

Permainan diakhiri oleh guru dan siswa dengan menyimpulkan kegiatan pembelajaran yang baru saja dilakukan. Guru memberikan reward kepada siswa dan kelompok yang aktif memberikan tanggapan.

Pembelajaran Bahasa Indonesia dengan metode permainan “Pesawat Masalah” ini ternyata telah memberikan perubahan pada siswa dalam mengikuti pembelajaran. Siswa menjadi tertarik dan senang terhadap pelajaran Bahasa Indonesia. Mereka merasakan manfaat belajar berbahasa melalui kalimat dan tuturan yang telah mereka sampaikan. Siswa menjadi lebih aktif dan disiplin dalam pembelajaran.

Semoga metode pembelajaran “Pesawat Masalah” ini bisa bermanfaat bagi pendidik dan peserta didik dalam pembelajaran Bahasa Indonesia.

(Dikutip dari wapikweb.org)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *